Ini Dia Dampak Positif Dan Negatif Dari Perkembangan Teknologi





Catatanbarugue - Tak bisa dipungkiri lagi bahwasanya teknologi sudah berkembang pesat dari waktu kewaktu.Ada sebagian atau bahkan semua orang menganggap perkembangan teknologi membawa banyak dampak positif dan sebagian lagi menganggap teknologi membawa dampak negatif baik itu secara sosial,ekonomi dan kesehatan.

Berbagai perusahaan yang bergerak dibidang teknologi berusaha menciptakan kreasi terbarunya.Namun,adakalanya teknologi yang diciptakan itu bisa membawa dampak negatif dan positif bagi pengguna teknologi tersebut dan pihak perusahaan pun harus memikirkan keamanan pula bagi pengguna teknologi yang diciptakannya. Seperti misalnya motor.Setiap pengguna motor sewaktu - waktu mungkin akan mengalami kecelakaan,namun perusahaan sudah menyiapkan pelindung helm yang disiapkan untuk melindungi kepala dari benturan sebuah kecelakaan.

Pertanyaanya,apakah semua orang akan terkena dampak negatif dari perkembangan teknologi ? ?

Jawabannya bisa YA dan bisa juga TIDAK. Alasannya ?

Seperti misalnya handphone. Jika pengguna handphone tidak bijak dalam menggunakannya,bisa jadi mata mereka akan rusak akibat terlalu lama menatap monitor.Maka bisa dikatakan orang tersebut terkena dampak negatif dari teknologi bernama handphone tersebut.
Ada juga orang yang matanya tetap sehat walaupun ia memiliki handphone asalkan pandai dan bijak dalam menggunakannya.

Para pembaca yang setia,bisa disimpulkan bahwa perkembangan teknologi bisa membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan kita.

Lalu,apa saja dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi itu ?

Berikut ulasannya :

Dampak Positif Perkembangan Teknologi

1.Memudahkan dalam pekerjaan manusia

Zaman sekarang banyak sekali diciptakan teknologi yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia seperti misalnya mobil.Dengan mobil,seseorang bisa menempuh jarak yang cukup jauh namun tidak begitu memakan banyak waktu.

2.Penghematan waktu

Seperti yang sudah tertera diatas,perkembangan teknologi juga bisa mempermudah dalam menghemat waktu.Seperti misalnya robot. Di era sekarang ini banyak sekali perusahaan yang bergerak dibidang otomotif bangak menggunakan pekerja robot.Alasan kenapa menggunakn robot yaitu cukup efisien dalam menyelesaikan pekerjaannya,tentu saja hal ini akan menghemat waktu dalam pekerjaannya.

3.Memudahkan dalam hal komunikasi

Dalam perkembanyannya,teknologi juga dapat memudahkan penggunanya dalam hal berkomunikasi.Sebut saja handphone.Ya,handphone dikenal mampu digunakan untuk berinteraksi dalam jarak yang tidak terbatas.Dimanapun dan kapanpun kita bisa menghubungi seseorang yang dikehendaki.Secara tidak langsung,handphone juga dapat menjalin hubungan silaturahmi dengan mudah.

4.Menambah ilmu pengetahuan

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi berarti semakin luas pula ilmu pengetahuan yang didapat.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi ternyata tidak sepenuhnya membawa dampak positif.Perkembangan teknologi juga bisa membawa kedampak yang negatif.Lalu apa dampak negatif teknologi ?

Berikut merupakan dampak negatif teknologi dalam kehidupan :

1.Mengganggu kesehatan

Bagaimana teknologi bisa mengganggu kesehatan ?.Perkembangan teknologi tidak harus selalu dipandang indah.Seperti misalnya perkembangan dalam bidang smartphone.Siapa yang tidak kenal dengan smartphone ?.Semua orang pasti mengenalnya.Banyak pengguna smartphone yang seolah - olah terhipnotis olehnya.Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk menatap layar smartphone kesayangannya,tentunya hal ini akan berpengaruh pada kesehatan mata seperti rabun.

2.Pengangguran terjadi dimana - mana

Dizaman sekarang,banyak sekali pekerjaan manusia yang digantikan oleh robot.Alasannya biasa,yaitu robot tidak membutuhkan waktu istirahat,robot tidak dibayar ( digaji ),atau tidak ada dana asuransi jika ada kerusakan pada robot.

Bagaimanapun,tenaga manusia dan robot tidak dapat disamakan.Tentusaja hal ini akan berdampak pada pengangguran akibat pekerjaannya digantikan oleh robot dan pihak perusahaanpun tidak segan untuk mengeluarkan atau memecat karyawannya (PHK).

3.Pencemaran lingkungan

Sebut saja kendaraan seperti motor / mobil.Semakin banyak pengguna motor tentunya semakin kotor pula lingkungan akibat polusi yang dihasilkan.Tentu saja hal ini akan mencemari lingkungan sekaligus merusak kesehatan.

4.Mempengaruhi dalam hal komunikasi

Teknologi di smartphone memang mampu memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang yang berjarak jauh.

Orang - orang mengatakan smartphone mendekatkan yang jauh dan menjauhi yang dekat.

Adakalanya seseorang lupa dengan orang sekitarnya akibat keasyikan bersosialisasi dengan seseorang yang jauh tadi. Tentusaja hal ini akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi orang sekitar.


Pada intinya,kemajuan tekbologi harus disesuaikan dan dipertimbangkan oleh keadaan.Semakin berkembangnya teknologi,semakin banyak pula dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan.
7 Komentar untuk "Ini Dia Dampak Positif Dan Negatif Dari Perkembangan Teknologi"

semua pasti ada dampak negatif dan positifnya tergantung cara pakainya

Menurutku tergantung cara orang memakainya

:v iya sih, gan.. kalau teknologi semakin canggih, gue malah suka. tapi, tidak dengan kerusakan lingkungannya... yang lebih enaknya, teknologi maju, lingkunganpun bersih,,, :D

tambahan gan. dapat membuat manusia menjadi pribadi yang malas karena semua kemudahan yang diberikan teknologi

teknologi cenderung banyak negatif nya

Betul tuh gan.. kebanyakan manusia menjadi pribadi yg malas.

Teknologi juga njerumusin remaja ke arah yg gk bner

Back To Top