Tips - tips Menghadapi Ujian

catatanbarugue - Ujian merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh semua siswa.Namun,ada beberapa diantara mereka yang merasa kurang percaya diri,grogi,cemas bahkan ketakutan.Apalagi ujian yang dihadapinya berupa Ujian Naional yang dilaksanakan setiap masa terakhir disekolah.

Nilai rata - rata atau KKM yang besar membuat siswanya semakin cemas dan khawatir dengan hasil ujiannya kelak.

Namun,sobat tak perlu khawatir dengan semua hal itu jika sobat mampu mengikuti tips - tips berikut ini :

Tips - tips menghadapi Ujian

1.Persiapkan mental

Hal utama yang harus kita lakukan saat hendak melakukan sebuah ujian yaitu mempersiapkan mental kita dengan sematang mungkin,karena hal ini akan menumbuhkan sikap percaya diri nantinya.

2.Datang lebih awal

Tips disini menganjurkan kita untuk datang lebih awal,bukan datang tepat waktu,karena dikhawatirkan kita akan tergesa - gesa dan akan mengganggu konsentrasi.Jika kita hadir lebih awal,setidaknya kita bisa merasa lebih siap dalam melaksanakan ujian

3.Yakin pada diri sendiri

Keyakinan saat menghadapi ujian memang sangat dibutuhkan. Kita hanya diwajibkan untuk yakin pada diri kita bahwa kita bisa !. Dengan begitu,kita akan lebih percaya diri dengan jawaban kita sendiri tanpa harus berbuat kesalahan fatal yaituMENCONTEK

4.Mempunyai target waktu saat mengisi jawaban

Dikarenakan waktu ujian itu terbatas,maka kita dituntut untuk mampu memanage waktu yang diberikan.Ketika kita mengisi soal,targetkanlah waktu yang digunakan saat mengisi persoal tersebut.Misalnya,kita mengisi satu jawaban soal dalam waktu 2 menit,sehiangga dalam waktu 60 menit ( stu jam),kita bisa menyelesaikan 30 soal.

5.Jangan lupa untuk berdo'a

Dalam menghadapi ujian ataupun pekerjaan lainnya,kita dituntut untuk berdoa terlebih dahulu.Dengan berdo'a,setidaknya kita akan merasa nyaman dan tenang sehingga akan membuat fikiran menjadi relax.


Nah,mungkin hanya itu yang dapat saya share.Jika sobat mempunyai tambahan,silahkan berkomentar.Insyaallah akan saya cantumkan dalam postingan ini.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua.
Tag : My Tips
0 Komentar untuk "Tips - tips Menghadapi Ujian"

Back To Top